Keindahan Danau Bekas Pertambangan (Tulisan pada tanggal 26-10-2018)

 

Sumber: Google Image

          Danau Quarry adalah danau yang terbentuk oleh ulah manusia. Danau Quarry awalnya merupakan sebuah lahan bekas pertambangan milik PT Jayamix, dimana di daerah itu memiliki potensi batu dan pasir yang banyak. Proses pertambangan yang menghasilkan getaran membuat warga sekitar terganggu, yang akhirnya proyek pertambangan itu dihentikan dan dibiarkan. Bekas galian dari pertambangan membentuk legokan yang kemudian terisi oleh air hujan dan merubah tempat itu menjadi sebuah danau. Uniknya air yang ada di danau ini berwarna hijau.

            Danau Quarry sendiri terletak di Bogor tepatnya di Desa Nuggaherang, Kecamatan Cigudeg. Kota Bogor memang memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya danau Quarry ini yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi. Belakangan ini danau Quarry banyak dikunjungi oleh para traveller dan menjadi salah satu wisata hits. Danau bekas pertambangan ini memberikan pesona yang indah dan memanjakan mata. Hal itulah yang banyak menarik banyak pengunjung untuk datang ke danau Quarry.

Sejarah Danau Quarry

            Danau Quarry sering disebut juga sebagai danau Jayamix. Nama Jayamix diambil karena danau tersebut merupakan bekas pertambangan milik PT Jayamix. PT Jayamix merupakan sebuah pertambangan batu dan pasir yang menjadi salah satu pemasok beton siap pakai di Indonesia.

            PT Jayamix telah berdiri sejak tahun 1972 dan merupakan perusahaan beton siap pakai pertama di Indonesia. Namun pada tahun 2011 PT ini berhenti beroperasi dikarenakan kegiatan pertambangan disana menghasilkan getaran dan suara bising yang mengganggu masyarakat sekitar yang tinggal di sekitaran pertambangan.

            Galian bekas pertambangan yang ditinggalkan terisi oleh air hujan yang kemudian membentuk sebuah danau. Jadi, bisa dikatakan danau Quarry ini merupakan danau yang terbentuk oleh perbuatan tangan manusia yang kemudian alam ikut serta dalam memperindah danau Quarry ini.

Pengelolaan Danau Quarry

            Setelah tidak digunakan sebagai area pertambangan dan sudah menjadi sebuah danau, warga yang tinggal di sekitar danau Quarry mengelola danau tersebut  menjadi sebuah tempat wisata alam. Danau ini juga menjadi ladang mata pencaharian warga sekitar untuk kebutuhan ekonomi.

 Warga sekitar membuat loket tiket masuk di danau Quarry. Biaya masuk ke danau Quarry sangat terjangkau yaitu dengan harga Rp. 12.000/orang  anda sudah bisa menikmati keindahan danau Quarry. Disini juga terdapat wahana hiburan seperti perahu bebek yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk mengelilingi danau. Dengan harga sewa Rp. 10.000/orang anda sudah bisa mengelilingi danau menggunakan perahu. Jadi, para pengunjung tidak hanya mengelilingi danau dari tepi danau saja.

Warga yang mengelola danau Quarry juga memberikan fasilitas lahan parkir yang cukup luas. Untuk sewa parkir sudah termasuk dengan biaya tiket masuk. Jadi jangan khawatir ketika anda memakirkan kendaraan anda dengan waktu yang lama karena biaya sewa parkir tidak akan bertambah.

Keindahan Danau Quarry

            Salah satu keindahan danau Quarry yang banyak menarik pengunjung adalah keindahan air danau yang berwarna hijau tosca. Selain itu tebing-tebing bekas pertambangan menambah keindahan dari danau ini. Di sekeliling danau juga banyak tumbuh tanaman alang-alang yang tidak terlalu tinggi yang semakin menambah keindahan danau ini.

            Karena keindahan nya danau ini banyak dikunjungi, terutama oleh para remaja. Menurut mereka danau Quarry menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki spot untuk berfoto yang kekinian. Semua sudut dari danau Quarry memang indah dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Walaupun memiliki spot foto yang indah tapi anda juga harus berhati-hati ketika sedang berfoto, karena tebing-tebing yang ada di danau ini cukup terjal.

            Para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air di danau Quarry karena danau ini memiliki kedalaman sekitar 70 meter. Anda harus tetap mementingkan keselamatan ketika berkunjung ke danau Quarry ini.

Akses Menuju Danau Quarry

            Akses menuju danau Quarry terbilang cukup sulit karena jalannya sangat rusak dan penuh lubang. Bagi para pengendara sepeda motor sebaiknya gunakan masker karena pada siang hari akses jalan menuju danau Quarry akan dipenuhi debu. Karena jalan menuju ke danau Quarry banyak lubang maka anda harus berkonsentrasi lebih ketika menuju ke danau Quarry.

            Saat sampai di lokasi anda tidak akan langsung berhenti di danau Quarry. Dari tempat parkir anda harus berjalan sekitar 20 menit untuk menuju danau Quarry. Karena merupakan bekas pertambangan maka jalan yang dilalui akan sedikit menanjak dan menurun. Jalan menuju danau Quarry sudah berbentuk jalan setapak jadi anda tidak kesulitan untuk berjalan.

         Sepanjang perjalanan menuju danau banyak warga sekitar yang berjualan makanan dan minuman, jadi jangan anda tidak perlu khawatir ketika haus atau lapar ketika sedang berjalan menuju ke danau.Walaupun perjalanan menuju ke danau sedikit melelahkan, tetapi rasa lelah itu akan tergantikan ketika anda sudah sampai ke danau Quarry. Pesona keindahannya langusung menghilangkan rasa lelah.

            Danau Quarry dapat menjadi wisata pilihan anda ketika libur akhir pekan. Terutama anda yang tinggal di daerah Jakarta, danau Quarry bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan anda. Setelah melewati kesibukan, anda dapat memanjakan diri anda dengan melihat keindahan danau Quarry.

            Selain itu danau Quarry merupakan destinasi wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta dan untuk berkunjung ketempat ini juga tidak memerlukan biaya yang banyak. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke danau bekas pertambangan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Sejarah dan Pusat Kesenian Gedung Juang 45 Bekasi (Tulisan pada tanggal 26-04-2019)

ABOUT ME

Keindahan Warna Warni Kampung 3D di Bekasi (Tulisan pada tanggal 31-10-2018)