Sejarah dan Perkembangan Vending Machine


 

Hampir semua alat dan barang yang ada di dunia saat ini mengalami perubahan, mulai dari alat komunikasi, alat transportasi hingga alat pembayaran. Perubahan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh perubahan zaman yang semakin modern. Dewasa ini segalanya serba instant dan mudah. Kita dapat bertatap muka dengan orang lain yang jaraknya jauh hanya dengan sebuah smartphone. Perubahan dan modernisasi ini juga terjadi pada cara penjualan produk seperti makanan, minuman atau keperluan lainnya.

Dahulu, makanan dan minuman ringan atau biasa kita sebut jajanan identik dijual di supermarket, mini market dan warung. Saat ini jajanan tidak hanya dijual di warung ataupun supermarket saja, dengan adanya perkembangan zaman munculah inovasi baru alat atau tempat untuk menjual jajanan dengan space tempat yang tidak terlalu besar tetapi cukup efektif. Ya, alat itu disebut Vending Machine atau bisa disebut mesin penjual otomatis. Penggunaan mesin ini di Indonesia sendiri sudah mulai merambah di beberapa kota-kota besar adapun tempat yang biasa terdapat mesin ini seperti, tempat hiburan umum, stasiun kereta dan kampus. Penggunaan mesin penjual otomatis di Indonesia dapat dikatakan masih sedikit jika dibandingkan negara-negara lain seperti Jepang. Jepang hampir di semua tempat-tempat umum memiliki mesin penjual otomatis ini.

Sebagian dari kita mungkin ketika mendengar atau membaca kata Vending Machine pasti merasa tidak asing dan sudah bisa membayangkan bentuk dari mesin penjual otomatis ini. Tapi, kita tahukah gak sih bagaimana asal usul si vending machine ini?

Vending machine pertama kali diperkenalkan di London, Inggris pada sekitar awal tahun 1880. Mesin yang pertama diperkenalkan adalah mesin penjual kartu pos otomatis. Kemudian muncul mesin penjual otomatis pertama di Amerika Serikat yang dikembangkan oleh perusahaan permen karet yaitu Gum Thomas Adams pada tahun 1888. Mesin ini menjual permen karet di New York City. Vending machine penjual permen karet ini diberi nama “Glico”.

Mesin penjual otomatis ini pertama kali ditemukan oleh salah satu insinyur matematika abad pertama yaitu Heron dari Alexandri atau biasa dikenal Heron of Alexandria. Vending Machine pertama dibuat atau dikonstruksi oleh dirinya. Cara kerja vending machine pertama miliki Heron yaitu dengan cara memasukkan koin kedalam mesin kemudian akan keluar sejumlah air. Koin yang dimasukkan akan jatuh di atas panci yang terpasang tuas kemudian tuas akan terbuka dan air akan keluar. Penemuan ini dimuat dalam bukunya yaitu “Mechanincs and Optics”.

Kehadiran penjual mesin otomatis ini memberikan gagasan untuk terlahirnya alat baru yaitu mesin slot dan mesin pinball pertama. Munculnya gagasan untuk menambahkan permainan yaitu untuk meningatkan intensitifitas pembeli. Baru kemudian pada tahun 1970 muncul mesin penjual otomatis pertama yang dapat berbicara. Mesin ini dibuat oleh salah satu industri pembuat mesin penjual otomatis di Dallas, Texas. Mesin yang dapat berbicara ini disebut “Venda Talker”. Ketika pembeli memasukan koin ke mesin ini kemudian mesin akan berkata terima kasih.

Saat ini mesin penjual otomatis tidak hanya menjual makanan atau minuman saja tetapi barang-barang lain misalnya buku. Penggunaan mesin penjual otomatis di Indonesia juga saat ini mulai meningkat banyak instansi yang ingin memiliki mesin penjual otomatis ini. Mungkin beberapa tahun ke depan penggunaan mesin penjual otomatis ini akan semakin meningkat di Indonesia seperti di negara lainnya.



Sumber gambar animasi: 

1. https://pngio.com/PNG/a144960-toko-png.html

2. https://pngtree.com/so/vending-machine

3. https://www.pngegg.com/id/png-dxzxz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Sejarah dan Pusat Kesenian Gedung Juang 45 Bekasi (Tulisan pada tanggal 26-04-2019)

ABOUT ME

Keindahan Warna Warni Kampung 3D di Bekasi (Tulisan pada tanggal 31-10-2018)